Mengkaji Hasil Supervisi Akademik
Kegiatan
3.1. Mengkaji Hasil Supervisi Akademik
1.
Kajian
Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Lampiran 3. Format 1 Telaah (RPP) Tematik Terintergratif
Satuan Pendidikan : SDN 2 BATUNAMPAR
Kelas / Semester : I/1
Tema
: 3. Kegiatanku
Sub Tema
: 3.1 Kegiatan di pagi hari
Pembelajaran ke : 1
(Satu)
Materi Pokok Mapel : Kegiatan di pagi hari
Alokasi
waktu : 3 x JP
Aspek diamati
|
ya
|
tidak
|
catatan
|
saran perbaikan
|
1.
Nama Sekolah
|
|
|
|
|
2. Kelas/Semester
|
|
|
|
|
3.
Tema
|
|
|
|
|
4.
Subtema
|
|
|
|
|
5.
Pertemuan ke-
|
|
|
|
|
6.
Alokasi Waktu
|
|
|
|
|
B.
Kompetensi Inti
|
|
|
|
|
C.
PerumusanTujuan Pembelajaran
|
|
|
|
|
1.Tujuan
realistik, dapat dicapai melalui proses pembelajaran
|
|
|
|
|
2.
Relevan antara KI,
kompetensi dasar dan indicator
|
|
|
|
|
3.
Mencakup pengembangan
sikap, pengetahuan dan keterampilan
|
|
|
|
|
4.
Mengandung unsur proses
dan hasil pembelajaran
|
|
|
|
|
5.
Mengandung Audience
Behavior Condition Degre
|
|
|
|
|
D.
Kompetensi Dasar
|
|
|
|
|
1.
Kompetensi Dasar Sikap Spiritual (KD
dari KI-1)
|
|
|
|
|
2.
Kompetensi Dasar Sikap Sosial (KD dari KI-2)
|
|
|
|
|
3.
Kompetensi Dasar Pengetahuan (KD dari KI-3)
|
|
|
|
|
4.
Kompetensi Dasar Pengetahuan (KD dari
KI-4)
|
|
|
|
|
E.
Indikator
|
|
|
|
|
1.
Indikator dari Kompetensi
Dasar Pengetahuan (KD dari KI-3)
|
|
|
|
|
2.
Indikator dari Kompetensi
Dasar Keterampilan (KD dari KI-4)
|
|
|
|
|
F.
Materi Pembelajaran
|
|
|
|
|
1.
Materi dikaitkan dengan
pengeta-huan lain yang relevan, perkem-bangan Iptek , dan kehidupan nyata
|
|
|
|
|
2.
Materi disusun secara
sistematis (dari mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)
|
|
|
|
|
3.
Materi menggambarkan
keterpaduan antar mata pelajaran
|
|
|
|
|
G.
Kegiatan Pembelajaran Kegiatan Pendahuluan
|
|
|
|
|
1.
Memuat aktivitas penyiapan
fisik dan psikis siswa dengan sapaan dan pemberian salam
|
|
|
|
|
2.
Memuat aktivitas penyampaian kompetensi
yang akan dicapai
|
|
|
|
|
3.
Memuat aktivitas pengaitan materi pembelajaran dengan materi pembelajaran
sebelumnya
|
|
|
|
|
4. Memuat aktivitas pengajuan pertanyaan
menantang untuk memotivasi
|
|
|
|
|
5. Memuat aktivitas penyampaian manfaat
mempelajari materi pembelajaran
|
|
|
|
|
6.
Memuat aktivitas penyampaian aspek
yang akan dinilai selama proses pembelajaran
|
|
|
|
|
7.
Memuat aktivitas penyampaian
rencana/langkah-langkah kegiatan (misalnya: kerja individual, kerja kelompok,
diskusi, melakukan observasi, dll.)
|
|
|
|
|
8. Memuat aktivitas melibatkan media yang
menyenangkan (guru membacakan buku pengayaan/ bercerita atau siswa membaca
buku pengayaan atau mengkaji materi audiovisual).
|
|
|
|
|
9.
Memuat aktivitas Penguatan Pendidikan
Karakter
|
|
|
|
|
H. Kegiatan Inti
|
|
|
|
|
1.
Memuat rancangan
pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai
|
|
|
|
|
2.
Memuat aktivitas yang
menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam mengajukan pertanyaan (apa,
mengapa, dan bagaimana)
|
|
|
|
|
3.
Memuat aktivitas yang
menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam mengemukakan pendapat
|
|
|
|
|
4.
Memuat aktivitas yang
memungkinkan tumbuhnya kebiasaan dan sikap positif (nurturant effect)
|
|
|
|
|
5.
Memuat aktivitas yang
memfasilitasi siswa untuk mengamati
|
|
|
|
|
6.
Memuat aktivitas bagi
siswa untuk mengumpulkan informasi
|
|
|
|
|
7.
Memuat aktivitas bagi
siswa untuk mengasosiasikan data dan informasi yang dikumpulkan
|
|
|
|
|
8.
Memuat aktivitas bagi
siswa untuk mengkomunikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperolehnya
secara verba atau tulisan atau tulisan/gambar, atau digital
|
|
|
|
|
9.
Memuat berbagai aktivitas
pengelolaan kelas secara individu, kelompok, dan klasikal
|
|
|
|
|
10. Memuat aktivitas siswa mengidentifikasi dan menjelaskan arti
kata-kata sulit dalam bacaan atau informasi yang diperolehnya
|
|
|
|
|
11. Memuat aktivitas Penguatan Pendidikan Karakter (PPK
|
|
|
|
|
I.
Penutup pembelajaran
|
|
|
|
|
1.
Memuat aktivitas siswa
untuk menyimpulkan atau merangkum materi pembelajaran
|
|
|
|
|
2.
Memuat aktivitas siswa
untuk merefleksi proses dan materi pembelajaran
|
|
|
|
|
3.
Memuat aktivitas siswa
untuk merefleksi Kegiatan Literasi dan Penguatan Pendidikan Karakter
|
|
|
|
|
4.
Memuat aktivitas tindak
lanjut dengan memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
|
|
|
|
|
H.
Penilaian
|
|
|
|
|
Terdapat rancangan instrumen penilaian
|
|
|
|
|
1.
Instrumen Penilaian Sikap
|
|
|
|
|
2.
Instrumen Penilaian
Pengetahuan
|
|
|
|
|
3.
Instrumen Penilaian
Keterampilan
|
|
|
|
|
4. Terdapat rubrik
penilaian
|
|
|
|
|
I.
Media/alat, bahan, dan sumber belajar
|
|
|
|
|
1.
Memuat jenis media/alat
yang akan digunakan
|
|
|
|
|
2.
Jenis media
sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai
|
|
|
|
|
3.
Memuat rincian bahan
pembelajaran yang akan digunakan
|
|
|
|
|
4.
Memuat rencana
memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
|
Lampiran
4. Format
2 Lembar Observasi Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Lembar
Observasi Pembelajaran Tematik
1.
Nama Sekolah :
........................................
2.
Nama Guru :
............................................
3.
NIP :
........................................................
4.
Tema/Sub Tema/PB : ..............................
5.
Mata Pelajaran : ......................................
6.
Materi :
...................................................
7.
Kelas/Semester : .....................................
8.
Waktu :
...................................................
Aspek Yang diamati Ya Tidak Catatan
A. Kegiatan Pendahuluan Apersepsi dan Motivasi
1.
Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dengan menyapa dan memberi salam
2.
Mengaitkan materi
pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran
sebelumnya.
3.
Mengajukan pertanyaan
menantang
4.
Menyampaikan manfaat materi
5.
Mendemonstrasikan sesuatu
yang terkait dengan tema
6.
Penyampaian Kompetensi dan
Rencana Kegiatan
7.
Menyampaikan kemampuan yang
akan dicapai peserta didik.
8.
Menyampaikan rencana
kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi
B.
Kegiatan Inti Penguasaan Materi Pelajaran
1.
Kemampuan menyesuaikan
materi dengan tujuan pembelajaran
2.
Kemampuan mengkaitkan materi
dengan pengetahuan lain yang relevan, perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata.
3.
Menyajikan pembahasan materi
pembelajaran dengan tepat.
4.
Menyajikan materi secara
sistematis (mudah ke sulit, dari sederhana ke rumit) konkrit ke abstrak)
Penerapan
Strategi Pembelajaran yang Mendidik
1. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan
dicapai.
2. Melaksanakan pembelajaran secara runtut.
3. Menguasai kelas.
4. Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual.
5. Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan
positif (nurturant effect).
6. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang
direncanakan.
Penerapan
Pendekatan Saintifik
1. Memfasilitasi peserta didik untuk mengamati.
2. Memancing peserta didik untukbertanya
3.
Memberikan pertanyaan
mengapa dan bagaimana.
4.
Memberikan pertanyaan
peserta didik untuk menalar (proses berpikir yang logis dan sistematis).
5.
Memfasilitasi peserta didik
untuk mencoba
6.
Memfasilitasi peserta didik
untuk menganalisis.
7.
Menyajikan kegiatan peserta
didik untuk berkomunikasi.
Penerapan Pembelajaran TematikTerpadu
1.
Menyajikan pembelajaran
sesuai tema.
2.
Menyajikan pembelajaran
dengan memadukan berbagai muatan pelajaran dalam satu PBM meliputi ; Pendidikan
Agama dan Budi Pekerti, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika,Seni Budaya dan
Prakarya, serta Penjasorkes.
3.
Menyajikan pembelajaran yang
memuat komponen karakteristik terpadu.
4.
Menyajikan pembelajaran yang
bernuansa aktif dan menyenangkan.
Pemanfaatan Sumber Belajar/Media dalam Pembelajaran
1.
Menunjukkan keterampilan
dalam penggunaan sumber belajar pembelajaran.
2.
Menunjukkan keterampilan
dalam penggunaan media pembelajaran.
3.
Menghasilkan pesan yang
menarik.
4.
Melibatkan peserta didik
dalam pemanfaatan sumber belajar pembelajaran.
5.
Melibatkan peserta didik
dalam pemanfaatan media pembelajaran.
Pelaksanaan Penilaian Autentik
1.
Melaksanakan Penilaian Sikap
2.
Melaksanakan Penilaian
Pengetahuan
3.
Melaksanakan Penilaian
Keterampilan
4.
Melaksanakan Penilaian
Portopolio
5.
Kesesuaian teknik dan
instrumen dengan indikator pencapaian kompetensi
6.
Kesesuaian antara bentuk,
teknik dan instrumen penilaian autentik.
7.
Ketersediaan pedoman
penskoran
Pelibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran
1.
Menumbuhkan partisipasi
aktif peserta didik melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar.
2.
Merespon positif partisipasi
peserta didik.
3.
Menunjukkan sikap terbuka
terhadap respons peserta didik.
4.
Menunjukkan hubungan antar
pribadi yang kondusif.
5.
Menumbuhkan keceriaan atau
antusiasme peserta didik
Penggunaan Bahasa yang Benar dan Tepat dalam Pembelajaran
1 Menggunakan bahasa
lisan secara jelas dan lancar.
2 Menggunakan bahasa
tulis yang baik dan benar.
Nilai Nilai Utama Pendididkan Karakter
1
Pengintegrasian nilai
religius dalam proses pembelajaran.
2
Pengintegrasian nilai
nasionalis dalam proses pembelajaran.
3
Pengintegrasian nilai
mandiri dalam proses pembelajaran.
4
Pengintegrasian nilai gotong
royong dalam proses pembelajaran.
5
Pengintegrasian nilai
integritas dalam proses pembelajaran.
C. KEGIATAN PENUTUP
Penutup pembelajaran
1.
Menfasilitasi dan membimbing
peserta didik untuk merangkum materi pelajaran
2.
Menfasilitasi dan membimbing
peserta didik untuk merefleksi proses dan materi pelajaran
3.
Memberikan tes lisan atau
tulisan
4.
Mengumpulkan hasil kerja
sebagai bahan portofolio
JUMLAH
Kesimpulan/Rekomendasi :
Tingkat Penguasaan = X
Jumlah Jawaban Benar
Jumlah Soal
100 %
Arti tingkat persentase penguasaan yang Saudara capai:
Angka Predikat
90 < NA ≤100 Amat
Baik
80 < NA ≤ 90 Baik
70 < NA ≤ 80 Cukup
60 < NA ≤ 70 Sedang
< 60
Kurang
Pengawas
Sekolah
MUH. SYUKRI,S.Pd
NIP.19611231 198012
1 031
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
H.ISMAIL,S.Pd
NIP.19601231 198203
1 588
|
Tembere, Kamis 25
Oktober 2017
Guru
RUMILANG,S.Pd
NIP. 19731231 200501
2 026
|
0 Response to " Mengkaji Hasil Supervisi Akademik"
Post a Comment