Mengkaji Hasil Supervisi Akademik


Kegiatan 3.1.  Mengkaji Hasil Supervisi Akademik

1.      Kajian Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Lampiran 3. Format 1 Telaah (RPP) Tematik Terintergratif

Satuan Pendidikan       : SDN 2 BATUNAMPAR
Kelas / Semester          : I/1
Tema                           : 3. Kegiatanku
Sub Tema                    : 3.1 Kegiatan di pagi hari
Pembelajaran ke          : 1 (Satu)
Materi Pokok Mapel   : Kegiatan di pagi hari
           Alokasi waktu             : 3 x JP

Aspek diamati
ya
tidak
catatan
saran perbaikan
1. Nama Sekolah




2. Kelas/Semester




3. Tema




4. Subtema




5. Pertemuan ke-




6. Alokasi Waktu




B. Kompetensi Inti




C. PerumusanTujuan Pembelajaran




1.Tujuan realistik, dapat dicapai melalui proses pembelajaran





2.      Relevan antara KI, kompetensi dasar dan indicator





3.      Mencakup pengembangan sikap, pengetahuan dan keterampilan





4.      Mengandung unsur proses dan hasil pembelajaran





5.      Mengandung Audience Behavior Condition Degre





D. Kompetensi Dasar




1. Kompetensi Dasar Sikap Spiritual (KD   dari KI-1)





2. Kompetensi Dasar Sikap Sosial (KD dari KI-2)





3. Kompetensi Dasar Pengetahuan (KD dari KI-3)





4. Kompetensi Dasar Pengetahuan (KD dari  KI-4)





E. Indikator




1.    Indikator dari Kompetensi Dasar Pengetahuan (KD dari KI-3)





2.      Indikator dari Kompetensi Dasar Keterampilan (KD dari KI-4)





F. Materi Pembelajaran




1.      Materi dikaitkan dengan pengeta-huan lain yang relevan, perkem-bangan Iptek , dan kehidupan nyata





2.      Materi disusun secara sistematis (dari mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)





3.      Materi menggambarkan keterpaduan antar mata pelajaran





G. Kegiatan Pembelajaran Kegiatan Pendahuluan




1.      Memuat aktivitas penyiapan fisik dan psikis siswa dengan sapaan dan pemberian salam





2.  Memuat aktivitas penyampaian kompetensi yang akan dicapai





3. Memuat aktivitas pengaitan materi pembelajaran dengan materi pembelajaran sebelumnya





4.   Memuat aktivitas pengajuan pertanyaan menantang untuk memotivasi





5.    Memuat aktivitas penyampaian manfaat mempelajari materi pembelajaran





6.    Memuat aktivitas penyampaian aspek yang akan dinilai selama proses pembelajaran





7.    Memuat aktivitas penyampaian rencana/langkah-langkah kegiatan (misalnya: kerja individual, kerja kelompok, diskusi, melakukan observasi, dll.)





8.   Memuat aktivitas melibatkan media yang menyenangkan (guru membacakan buku pengayaan/ bercerita atau siswa membaca buku pengayaan atau mengkaji materi audiovisual).





9.   Memuat aktivitas Penguatan Pendidikan Karakter





H.   Kegiatan Inti




1.      Memuat rancangan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai





2.      Memuat aktivitas yang menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam mengajukan pertanyaan (apa, mengapa, dan bagaimana)





3.      Memuat aktivitas yang menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam mengemukakan pendapat





4.      Memuat aktivitas yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan dan sikap positif (nurturant effect)





5.      Memuat aktivitas yang memfasilitasi siswa untuk mengamati





6.      Memuat aktivitas bagi siswa untuk mengumpulkan informasi





7.      Memuat aktivitas bagi siswa untuk mengasosiasikan data dan informasi yang dikumpulkan





8.      Memuat aktivitas bagi siswa untuk mengkomunikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperolehnya secara verba atau tulisan atau tulisan/gambar, atau digital





9.      Memuat berbagai aktivitas pengelolaan kelas secara individu, kelompok, dan klasikal





10.  Memuat aktivitas siswa mengidentifikasi dan menjelaskan arti kata-kata sulit dalam bacaan atau informasi yang diperolehnya





11.  Memuat aktivitas Penguatan  Pendidikan Karakter (PPK





I.     Penutup pembelajaran




1.      Memuat aktivitas siswa untuk menyimpulkan atau merangkum materi pembelajaran





2.      Memuat aktivitas siswa untuk merefleksi proses dan materi pembelajaran





3.      Memuat aktivitas siswa untuk merefleksi Kegiatan Literasi dan Penguatan Pendidikan Karakter






4.      Memuat aktivitas tindak lanjut dengan memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan






H. Penilaian




Terdapat rancangan instrumen penilaian





1.    Instrumen Penilaian Sikap





2.    Instrumen Penilaian Pengetahuan





3.    Instrumen Penilaian Keterampilan





4.  Terdapat rubrik penilaian





I.  Media/alat, bahan, dan sumber  belajar




1.      Memuat jenis media/alat yang akan digunakan





2.      Jenis media sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai





3.      Memuat rincian bahan pembelajaran yang akan digunakan





4.      Memuat rencana memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar





JUMLAH




























Lampiran 4. Format 2 Lembar Observasi Pelaksanaan Pembelajaran Tematik

Lembar Observasi Pembelajaran Tematik
1.      Nama Sekolah : ........................................
2.      Nama Guru : ............................................
3.      NIP : ........................................................
4.      Tema/Sub Tema/PB : ..............................
5.      Mata Pelajaran : ......................................
6.      Materi : ...................................................
7.      Kelas/Semester : .....................................
8.      Waktu : ...................................................

Aspek Yang diamati Ya Tidak Catatan

A. Kegiatan Pendahuluan Apersepsi dan Motivasi
1.      Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dengan menyapa dan memberi salam
2.      Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.
3.      Mengajukan pertanyaan menantang
4.      Menyampaikan manfaat materi
5.      Mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan tema
6.      Penyampaian Kompetensi dan Rencana Kegiatan
7.      Menyampaikan kemampuan yang akan dicapai peserta didik.
8.      Menyampaikan rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi

B. Kegiatan Inti Penguasaan Materi Pelajaran
1.      Kemampuan menyesuaikan materi dengan tujuan pembelajaran
2.      Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan, perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata.
3.      Menyajikan pembahasan materi pembelajaran dengan tepat.
4.      Menyajikan materi secara sistematis (mudah ke sulit, dari sederhana ke rumit) konkrit ke abstrak)

Penerapan Strategi Pembelajaran yang Mendidik
1.      Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai.
2.      Melaksanakan pembelajaran secara runtut.
3.      Menguasai kelas.
4.      Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual.
5.      Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect).
6.      Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan.




Penerapan Pendekatan Saintifik
1.      Memfasilitasi peserta didik untuk mengamati.
2.      Memancing peserta didik untukbertanya
3.      Memberikan pertanyaan mengapa dan bagaimana.
4.      Memberikan pertanyaan peserta didik untuk menalar (proses berpikir yang logis dan sistematis).
5.      Memfasilitasi peserta didik untuk mencoba
6.      Memfasilitasi peserta didik untuk menganalisis.
7.      Menyajikan kegiatan peserta didik untuk berkomunikasi.

Penerapan Pembelajaran TematikTerpadu
1.      Menyajikan pembelajaran sesuai tema.
2.      Menyajikan pembelajaran dengan memadukan berbagai muatan pelajaran dalam satu PBM meliputi ; Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika,Seni Budaya dan Prakarya, serta Penjasorkes.
3.      Menyajikan pembelajaran yang memuat komponen karakteristik terpadu.
4.      Menyajikan pembelajaran yang bernuansa aktif dan menyenangkan.

Pemanfaatan Sumber Belajar/Media dalam Pembelajaran
1.      Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar pembelajaran.
2.      Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan media pembelajaran.
3.      Menghasilkan pesan yang menarik.
4.      Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan sumber belajar pembelajaran.
5.      Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan media pembelajaran.

Pelaksanaan Penilaian Autentik
1.      Melaksanakan Penilaian Sikap
2.      Melaksanakan Penilaian Pengetahuan
3.      Melaksanakan Penilaian Keterampilan
4.      Melaksanakan Penilaian Portopolio
5.      Kesesuaian teknik dan instrumen dengan indikator pencapaian kompetensi
6.      Kesesuaian antara bentuk, teknik dan instrumen penilaian autentik.
7.      Ketersediaan pedoman penskoran

Pelibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran
1.      Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar.
2.      Merespon positif partisipasi peserta didik.
3.      Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik.
4.      Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif.
5.      Menumbuhkan keceriaan atau antusiasme peserta didik





Penggunaan Bahasa yang Benar dan Tepat dalam Pembelajaran
1    Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar.
2    Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar.

Nilai Nilai Utama Pendididkan Karakter
1        Pengintegrasian nilai religius dalam proses pembelajaran.
2        Pengintegrasian nilai nasionalis dalam proses pembelajaran.
3        Pengintegrasian nilai mandiri dalam proses pembelajaran.
4        Pengintegrasian nilai gotong royong dalam proses pembelajaran.
5        Pengintegrasian nilai integritas dalam proses pembelajaran.

C. KEGIATAN PENUTUP
     Penutup pembelajaran
1.      Menfasilitasi dan membimbing peserta didik untuk merangkum materi pelajaran
2.      Menfasilitasi dan membimbing peserta didik untuk merefleksi proses dan materi pelajaran
3.      Memberikan tes lisan atau tulisan
4.      Mengumpulkan hasil kerja sebagai bahan portofolio

JUMLAH
Kesimpulan/Rekomendasi :
Tingkat Penguasaan = X
Jumlah Jawaban Benar
Jumlah Soal
100 %
Arti tingkat persentase penguasaan yang Saudara capai:
Angka Predikat
     90 < NA ≤100 Amat Baik
     80 < NA ≤ 90  Baik
     70 < NA ≤ 80  Cukup
     60 < NA ≤ 70 Sedang
                    < 60 Kurang




Pengawas Sekolah





MUH. SYUKRI,S.Pd
NIP.19611231 198012 1 031

Mengetahui
Kepala Sekolah





H.ISMAIL,S.Pd
NIP.19601231 198203 1 588


Tembere, Kamis 25 Oktober 2017
Guru





RUMILANG,S.Pd
NIP. 19731231 200501 2 026




0 Response to " Mengkaji Hasil Supervisi Akademik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel