PEDOMAN MERUMUSKAN VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH
PEDOMAN
MERUMUSKAN VISI, MISI,
DAN
TUJUAN SEKOLAH
A. Visi
Visi adalah wawasan yang
menjadi sumber arahan bagi madrasah dan digunkan untuk memandu perumusan misi
madrasah. Dengan kata lain, visi adalah pandangan jauh ke depan ke mana
madrasah akan dibawa. Visi adalah gambaran
masa depan yang diinginkan oleh Sekolah agar sekolah yang
bersangkutan dapat menjamin kelangsungan hidup dan perkembangannya.
Gambaran masa
depan (visi)
tentunya harus didasarkan pada landasan yuridis, yaitu undang-undang
pendidikan dan sejumlah peraturan pemerintahannya, khususnya tujuan pendidikan
nasional sesuai jenjang dan jenis Sekolahnya dan sesuai dengan profil Sekolah
yang bersangkutan.
Dengan
kata lain, visi Sekolah harus tetap dalam
koridor kebijakan pendidikan nasional, tetapi sesuai dengan kebutuhan anak dan
masyarakat yang dilayani. Tujuan pendidikan nasional sama, tetapi profil Sekolah khususnya potensi dan
kebutuhan masyarakat yang dilayani Sekolah tidak selalu sama.
Oleh karena itu, dimungkinkan Sekolah memiliki visi yang
tidak sama dengan Sekolah lain, asalkan tidak
keluar dari koridor nasional, yaitu tujuan pendidikan nasional.
Perhatikan
contoh visi Sekolah berikut!
a. Sekolah yang terletak di kota
besar, peserta didiknya berasal dari keluarga mampu berpendidikan tinggi yangh
memiliki harapan anaknya menjadi orang hebat, lulusannya melanjutkan ke Sekolah favorit yang lebih
tinggi, dapat merumuskan visinya : UNGGUL
DALAM PRESTASI , BERAKHLAQUL KARIMAH, TERAMPIL DAN MANDIRI.
b. Sekolah yang terletak di
perkotaan, mayoritas peserta didiknya berasal dari keluarga mampu dan hampir
seluruh lulusannya ingin melanjutkan ke Sekolah yang lebih tinggi,
dapat merumuskan visinya :UNGGUL DALAM PRESTASI BERDASARKAN IMTAQ, TERAMPIL DAN MANDIRI
c. Sekolah yang terletak di
daerah pedesaan yang umumnya tidak maju dari Sekolah di perkotaan dan
banyak peserta didiknya tidak melanjutkan ke Sekolah faforit/berprestasi,
dapat merumuskan visinya : TERDIDIK, TERAMPIL DAN MANDIRI
BERDASARKAN IMAN /TAQWA.
d. Sekolah yang terletak di
daerah pinggiran kota (urban) yang umumnya tingkat kemajuannya menengah
dibandingSekolah di
perkotaan atau pedesaan; masyarakatnya pekerja, lingkungannya abangan, perilaku
moral rendah, dan banyak peserta didiknya tidak melanjutkan ke Sekolah yang lebih tinggi,
dapat merumuskan visinya : BERAKHLAQUL
KARIMAH MANDIRI DAN TERAMPIL BERDASARKAN IMTAQ.
Keempat
visi di atas, sama-sama benar sepanjang masih dalam koridor tujuan
pendidikan nasional. Tentu saja, perumusan visi harus disesuaikan dengan tujuan
dari setiap jenjang dan jenis Sekolah sebagaimana
dituliskan dalam peraturan pemerintah.
Visi
yang pada umumnya dirumuskan dalam kalimat yang filosofis seperti contoh di
atas, seringkali memiliki aneka tafsir. Setiap orang dapat menafsirkan secara
berbeda-beda sehingga dapat menimbulkan perselisihan dalam implementasinya.
Bahkan jika terjadi penggantian pimpinan Sekolah maka kepala Sekolah yang baru tidak
jarang memberi tafsir yang berbeda dengan kepala Sekolah sebelumnya. Oleh
karena itu, agar tidak memberikan tafsir yang berbeda, visi itu sebaiknya
diberikan penjelasan berupa indikator-indikator (penanda-penanda) apa yang
dimaksudkannya.
Perhatikan
contoh penjelasan indikator-indikator visi!
a. Visi Unggul dalam Prestasi
Berdasarkan Imam dan Taqwa dapat
dijabarkan indukator sebagai berikut.
Visi
|
Indikator
|
Unggul
dalam prestasi
|
· Unggul dalam
perolehan UASBN
· Unggul dalam
persaingan melanjutkan ke jenjang pendidikan di atasnya
· Unggul dalam karya
ilmiah remaja
· Unggul dalam lomba
kreativitas
· Unggul dalam lomba
kesenian
· Unggul dalam lomba
olahraga
|
Beriman
dan bertaqwa
|
· Unggul dalam
disiplin
· Unggul dalam
aktivitas keagamaan
· Unggul dalam
kepedulian sosial
|
b. Visi Unggul dalam
Beribadah, Berakhlaqul karimah, Berprestasi, dan Terampil dapat dijabarkan
indukator sebagai berikut
Visi
|
Indikator
|
Unggul
dalam beribadah
|
· Hafal dan fasih
bacaan sholat, gerakan sholat, dan keserasian gerakan dan bacaan
· Hafal dan fasih
do’a setelah sholat
· Hafal dan fasih
do’a-do’a harian muslim
· Tertib menjalankan
sholat fardhu
· Tertib menjalankan
sholat sunah rowatib
· Dll
|
Unggul
dalam berakhlaqul karimah
|
· Jujur
· Amanah
· Sidiq
· Fatonah
· Disiplin
· Sportif
· Tanggung jawab
· Percaya diri
· Hormat kepada orang
tua dan guru
· Menyayangi sesama
· Suka menolong
· Dll
|
Unggul
dalam prestasi
|
· Unggul dalam
pencapaian nilai UASBN di atas rata-rata Sekolah
· Unggul dalam
berbagai lomba mapel
· Unggul dalam
lomba KIR
· Unggul dalam
berbagai lomba olahraga
· Unggul dalam
berbagai lomba seni
· Unggul
dalam lomba keagamaan
· Unggul dalam
lomba pidato
· Unggul dalam lomba menulis
kreatif (sastra)
· Dll
|
Unggul
dalam keterampilan (life skill)
|
· Terampil
mengoperasikan aplikasi komputer dan internet
· Terampil dalam
menjalankan keterampilan hidup (life skills)
· Terampil menjadi
public speaker
· Dll
|
B. Misi
Misi adalah tindakan
untuk mewujudkan/merealisasikan visi. Karena visi harus mengakomodasi semua
kelompok kepentingan di Sekolah,
misi dapat juga diartikan sebagai tindakan untuk memenuhi kepentingan tiap-tiap
kelompok yang terkait dengan Sekolah.
Dalam
merumuskan misi harus memepertimbangkan tugas pokok Sekolah dan kelompok-kelompok
kepentingan yang terkait dengan Sekolah.
Dengan kata lain, misi adalah bentuk layanan untuk memenuhi tuntutan yang
dituangkan dalam visi dengan berbagai indikatornya.
Perhatikan
contoh jabaran misi berdasarkan visi!
Visi
|
Indikator
|
Unggul
dalam Prestasi Berdasarkan Iman dan Taqwa
|
· Melaksanakan
pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap peserta didik
berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimiliki
· Menumbuhkan
semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga madrasah
· Mendorong dan
membantu setiap peserta didik untuk mengenali potensi dirinya sehingga dapat
dikembangkan secara optimal
· Menumbuhkan penghayatan
terhadap ajaran agama yang dianut dan budaya bangsa ssehingga menjadi sumber
kearifan dalam bertindak.
· Menerapkan
manajemen partisipatif denga melibatkan seluruh warga madrasah dan kelompok
kepentingan yang terkait denganSekolah.
|
Unggul
dalam beribadah, berakhlaqul karimah, berprestasi, mandiri dan terampil
|
· Menumbuhkan
penghayatan dan pengamalan ajaran Islam sehingga peserta didik menjadi tekun
beribadah, jujur, disiplin, sportif, tanggung jawab, percaya diri hormat pada
orang tua, dan guru serta menyayangi sesama.
· Melaksanakan
pembelajaran dan pendampingan secara efektif sehingga setiap peserta didik
dapat berkembang secara optimal dengan memiliki nilai UASBN di atas standar
minimal, unggul dalam prestasi keagamaan, dan unggul dalam keterampilan
sebagai bekal hidup di masyarakat.
· Melaksanakan
pembelajaran ekstrakurikuler secara efektif sesuai dengan bakat dan minat
sehingga setiap peserta didik memiliki keunggulan dalam belajar mandiri
dan berbagai
lomba akademik/non akademik.
· Menumbuhkan
sikap gemar membaca dan selalu haus akan pengetahuan serta mandiri dalam
belajar berbuat dan bertindak di rumah maupun di sekolah
· Melaksanakan tata
tertib Sekolah secara konsisten
dan konsekuen.
· Menerapkan
manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga Sekolah dan stakeholder.
· Melaksanakan
pembinaan dan penelitian peserta didik
· Mengadakan
komunikasi dan koordinasi antarSekolah,
masyarakat, orang tua dan instansi lain yang terkait secara periodik berkesinambungan.
|
C. Tujuan Sekolah
Setelah dirumuskan
visi dan misi, selanjutnya Sekolah merumuskan tujuan.
Tujuan merupakan ”apa” yang akan dicapai/dihasilkan oleh Sekolah yang bersangkutan dan
”kapan” tujuan akan dicapai. Jika visi dan misi terkait dengan jangka waktu
yang panjang, tujuan dikaitkan dengan jangka waktu yang pendek, yaitu + 3 s.d. 5 tahun.
Dengan demikian, tujuan pada dasarnya merupakan tahapan wujud Sekolah menuju visi yang
telah dicanangkan.
Jika visi merupakan
gambaran Sekolah di masa depan secara
utuh (ideal), tujuan yang ingin dicapai dalam jangka waktu 3 s.d 5 tahun
mungkin belum seideal visi atau belum selengkap visi. Dengan kata lain, tujuan
dapat terwujud sebagian dari visi.
Perhatikan
contoh jabaran tujuan Sekolah berdasarkan visi!
Visi
|
Indikator
|
Unggul
dalam Prestasi Berdasarkan Iman dan Taqwa
|
· Pada tahun 2009
rata-rata UASB N mencapai nilai minimal 7,0
· Pada tahun 2009
proporsi lulusan yang melanjutkan ke Sekolah unggul minimal 40%.
· Pada tahun 2009
memiliki kelompok KIR dan mampu menjadi finalis LKIR tingkat nasional.
· Pada tahun 2009
memiliki tim olahraga minimal 3 cabang dan mampu menjadi finalis tingkat
provinsi.
· Pada tahun 2009
memiliki tim kesenian yang mampu tampil pada acara setingkat kabupaten/kota.
· Dll
|
Unggul
dalam beribadah, berakhlaqul karimah, berprestasi, dan terampil
|
Pada
akhir tahun ajaran 2009/2010 Sekolah dapat :
1. Memperoleh
nilai UN rata-rata 7,0.
2. Mengoptimalkan
proses pembelajaran dengan pendekatan yang bervariasi, inovatif, dan
bermakna, di antaranya CTL serta layanan bimbingan dan konseling.
3. Meningkatkan
jumlah peserta didik yang diterima diSekolah favorit/unggul
sekurang-kurangnya 75% dari jumlah yang lulus.
4. Mengembangkan
kedisiplinan dariseluruh komponen madrasah (stake holder) untuk membentuk
kepribadian yang tangguh dan kokoh sebagai dasar dalam setiap aktivitas serta
sebagai aset madrasah.
5. Meningkatkan
aktivitas dan kreativitas peserta didik melalui pelaksanaan kegiatan intra
dan ekstrakurikuler
6. Mampu
menempatkan diri sebagai Sekolah yang mengembangkan
perdidikan berbasis ICT.
7. Melestarikan
budaya daerah melalui mulok bahasa daerah dengan indikator 85% peserta didik
mampu berbahasa Jawa sesuai konteks yang ada.
8. Membekali
sekurang-kurangnya 95% peserta didik mampu membaca dan menulis Al Qur’an
9. Membekali
100% peserta didik mampu mengakses informasi yang positif dari internet
10. Membiasakan
sekurang-kurangnya 95% peserta didik terbiasa sholat berjamaah.
|
(1) Visi Dan Misi
Visi dan misi satuan
pendidikan dirumuskan untuk memenuhi harapan pihak pemangku kepentingan (stakeholders) dariSekolah yang kita kelola. Visi adalah imajinasi
moral yang menggambarkan profil Sekolah yang diinginkan di masa datang. Ciri-ciri
rumusan visi yang baik adalah:
(i) Menggambarkan kita mau jadi apa, dan dari bersifat menantang, yaitu rumusan
visi mengandung pernyataan yang menantang dan ideal, tetapi bukan berarti tidak
bisa dicapai;
(ii) Jelas, sehingga tidak menimbulkan pada interpretasi yang bertentangan;
(iii) Mudah diingat, oleh sebab itu dirumuskan dengan beberapa kata saja dan tidak boleh lebih dari 20 - 25 kata;
(iv) Memuat pernyataan yang menyatakan kemampuan dan memberdayakan;
(v) Memuat nilai Sekolah atau yayasan;
(vi) Akan lebih baik apabila bisa digambarkan secara visual;
(vii) Menuntut respon semua orang;
(viii) Mampu menjadi petunjuk
yang melibatkan semua orang yang tindakannya bisa diukur setiap hari; dan
(ix) Memperhatikan kebutuhan peserta didik yang hasilnya dapat diukur dari
tindakan dan prestasi siswa.
Contoh Visi Sekolah 1:
Menjadi Sekolah berstandar nasional yang
mampu mencetak insan mandiri, berprestasi, dan berkepribadian Islami
Contoh Visi 2:
Generasi mandiri, berprestasi, dan
berkepribadian Islami
Contoh Visi 3:
” Sekolah Kebanggaan Umat / masyarakat ”
Misi adalah pernyataan
yang menggabarkan kegiatan utama untuk mencapai atau mewujudkan/merealisasikan
visi tersebut. Karena visi harus mengakomodasi semua kelompok kepentingan yang
terkait dengan Sekolah, maka misi dapat juga
diartikan sebagai tindakan untuk memenuhi kepentingan masing-masing kelompok
yang terkait dengan Sekolah. Dalam merumuskan misi,
harus mempertimbangkan tugas pokok Sekolah dan kelompok-kelompok kepentingan yang terkait denganSekolah. Dengan kata lain, misi
adalah bentuk layanan untuk memenuhi tuntutan yang dituangkan dalam visi dengan
berbagai indikatornya. Contoh visi dan misi yang dikembangkan oleh salah satu Sekolah tertera pada Box 02.
Box 02: Contoh
pengembangan visi ke misi
Contoh Visi dengan indikator visi
Visi:
Unggul dalam prestasi, tangguh dalam
kompetisi dan santun dalam pekerti
Indikator visi
1.
Mampu bersaing dengan lulusan yang
sederajat untuk melanjutkan/diterima di jenjang pendidikan yang lebih tinggi
2.
Mampu berpikir aktif, kreatif dan
keterampilan memecahkan masalah
3.
Memiliki keterampilan, kecakapan non
akademis sesuai dengan bakat dan minatnya
4.
Memiliki keyakinan teguh dan mengamalkan
ajaran agama Islam secara benar dan konsekuen
5.
Bisa menjadi teladan bagi teman dan
masyarakat
Misi
1.
Menyelenggarakan pendidikan secara
efektif sehingga siswa berkembang
secara maksimal.
2.
Menyelenggarakan pembelajaran untuk
menumbuhkembangkan kemampuan berpikir aktif, kreatif dan aktif dalam
memecahkan masalah
3.
Menyelenggarakan pengembangan diri
sehngga siswa dapat berkembang sesuai dengan minat dan bakatnya
4.
Menumbuh kembangkan lingkungan dan perilaku religius sehingga siswa
dapat mengamalkan dan mengahayati agamanya secara nyata.
5.
Menumubuhkembangkan perilaku terpuji dan
praktik nyata sehigga siswa dapat menjadi teladan bagi teman dan
masyarakatnya.
|
C.Tujuan Sekolah
Tujuan Sekolah adalah tujuan yang
dirumuskan akan dicapai pada kurun waktu 3-4 tahun berdasarkan analisis konteksSekolah. Tujuan Sekolah sudah memiliki
ukuran/kriteria sehingga dapat diukur. Tujuan Sekolah dapat diambil dari
Rencana Pengembangan Sekolah.
Contoh penulisan tujuan madrasah.
Berdasarkan kondisi Sekolah, pada empat tahun ke depan dirumuskan
tujuan-tujuan berikut.
Dalam waktu empat tahun:
(i) Sekolah dapat memenuhi Standar Isi dan Standar Proses
(ii) Sekolah mengembangkan PAIKEM/CTL
100% untuk semua mata pelajaran
(iii) Sekolah mencapai nilai rata-rata
UASBN 8,5
(iv) Sekolah dapat meningkatkan
jumlah siswa 50 %
(v) Sekolah memiliki sarana dan
prasarana berstandar nasional
(vi) Sekolah memiliki tenaga pendidik
dan kependidikan berstandar nasional
(vii) Sekolah memiliki Tim Lomba
Olimpiade Matematika dan IPA yang menjadi juara I tingkat provinsi
(viii) Sekolah mengembangkan berbagai wadah/program
penghayatan dan pengamalan agama.
0 Response to "PEDOMAN MERUMUSKAN VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH"
Post a Comment