RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 5 /1
Tema : Organ Gerak Hewan Dan
Manusia (Tema 1)
Sub Tema : Organ Gerak Hewan (Sub Tema
1)
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan
: Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan
tulis.
|
3.1.1 Menentukan ide pokok cerita.
|
4.1
|
Menyajikan
hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan
secara
lisan, tulis, danvisual.
|
4.1.1 Menuliskan ide pokok yang terdapat
dalam cerita.
|
Muatan
: IPA
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada
hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
|
3.1.1 Menyebutkan organ gerak dan
fungsinya pada hewan.
|
4.1
|
Membuat model sederhana alat gerak manusia dan
hewan.
|
4.1.1 Menggambar organ gerak hewan.
|
Muatan
: SBDP
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Memahami
gambar cerita.
|
3.1.1
Menceritakan cerita yang terdapat
pada gambar cerita.
|
4.1
|
Membuat
gambar cerita
|
4.1.1
Membuat susunan dan rangkaian
gambar cerita.
|
C.
TUJUAN
1.
Dengan
mengamati gambar cerita, siswa mampu menyusun dan merangkai sebuah cerita
secara runtut.
2.
Dengan
menceritakan sebuah gambar, siswa mampu mengolah informasi dan menjadi sebuah
cerita secara tepat.
3.
Dengan
mengamati gambar, siswa mampu menyebutkan organ gerak hewan beserta fungsinya
secara tepat.
4. Dengan membaca teks, siswa mampu
mengidentifikasi gerak ikan di air secara tanggung jawab.
D.
MATERI
1.
Macam-macam gambar cerita.
2.
Organ gerak dan fungsinya pada hewan.
3.
Orga gerak yang etrdapat pada ikan.
E. PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan
salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
2. Kelas dilanjutkan dengan do’a
dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah
siswa siswa yang hari ini datang paling awal.
3. mengecek kehadiran siswa
4. Siswa diingatkan untuk selalu
mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya
sita-cita.
5. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan
penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
6. Menyampaikan tujuan pembelajaran
|
15 menit
|
Inti
|
A. Ayo Mengamati
●
Siswa mengamati secara seksama gambar cerita yang terdapat pada buku
siswa.
●
Fokus pengamatan siswa pada gambar dan rangkaian cerita.
●
Siswa menyajikan dan mengomunikasikan hasil pengamatannya secara
tertulis ke dalam kolom yang tersedia pada buku siswa.
Catatan:
●
Berikan umpan balik di sepanjang proses kegiatan, terutama bagi tumbuh
dan berkembangnya keterampilan mengamati.
●
Kegiatan ini bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif penilaian,
dengan melihat ketepatan jawaban siswa.
Hasil yang diharapkan
-
Menyebutkan pengertian gambar cerita.
-
Merangkai sebuah cerita berdasarkan gambar.
-
Kemampuan mengidentifikasi berdasarkan pengamatan terhadap suatu ,
dalam hal ini berupa gambar.
B. Ayo Berlatih
●
Setelah memahami tentang gambar cerita, siswa mengamati rangkaian untuk
kemudian menyusun menjadi sebuah cerita.
●
Guru memberikan kebebasan kepada siswa untuk berimajinasi dalam
mengartikan gambar.
Catatan:
1. Eksplorasi:
Ajarkan siswa untuk mengeksplorasi gambar secara cermat dalam menggali
informasi.
2. Pengumpulan Data: Ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk mengolah data menjadi sebuah
informasi yang berguna melalui konsep pelaporan tertulis.
3. Komunikasi:
Rangsang keingintahuan siswa dengan dialog interaktif.
Hasil yang diharapkan
-
Sikap mampu mengamati gambar detail.
-
Siswa mampu berimajinasi terhadap gambar.
-
Siswa mampu menuangkan imajinasi dari gambar untuk dirangkai menjadi
sebuah cerita.
-
Tekun, bertanggung jawab, dan mandiri dalam melaksanakan tugas.
C. Ayo berkreasi
●
Guru mengatakan kalimat penghubung yang menjembatani perpindahan
kompetensi dari cerita gambar ke organ gerak hewan.
●
Siswa mengamati rangka organ gerak tulang pada hewan vertebrata
beserta fungsi-fungsinya.
●
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau memberikan
tanggapan.
Hasil yang diharapkan
- Mengetahui rangka organ gerak hewan
vertebrata.
- Berani dan percaya diri mengemukakan pendapat
.
●
Guru memastikan bahwa siswa telah memahami organ gerak hewan
vertebrata.
●
Setelah benar-benar paham, guru meminta siswa membuat model sederhana
organ gerak salah satu hewan avertebrata.
●
Siswa mencermati langkah-langkah kerja dan contoh yang ada pada buku
siswa.
●
Kegiatan ini juga bisa menjadi alternatif sebagai tugas rumah.
Hasil yang diharapkan
- Mengetahui rangka organ gerak hewan
vertebrata.
- Kreatif, tanggung jawab, dan disiplin dalam
mengerjakan tugas.
D. Ayo Membaca
●
Guru memberikan sebuah narasi informasi secara menarik dengan konsep
interaktif untuk menghubungkan materi tentang organ gerak pada hewan
vertebrata dengan isi bacaan yang akan dibaca siswa.
●
Siswa diminta untuk membaca teks tentang Gerak Ikan di Air.
Alternatif kegiatan membaca:
1. Alternatif 1, Guru memberikan waktu selama 5
menit dan siswa diminta membaca dalam hati.
2. Alternatif 2, Guru menunjuk satu siswa untuk
membacakan teks tersebut dan meminta siswa lain menyimak.
3. Alternatif 3, Bacaan tersebut dibaca secara
bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.
●
Selesai membaca, secara mandiri siswa menuliskan ide pokok dari
masing-masing paragraf.
Hasil yang diharapkan
-
Mengetahui gerak ikan di air.
-
Menggali informasi dari teks bacaan.
-
Membaca dengan baik.
-
Menemukan ide pokok setiap paragraf dari bacaan.
Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa: Apa
saja yang dapat kamu lakukan jika badanmu sehat? Bagaimana cara merawat
rangka tubuhmu?
●
Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya
berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran
berlangsung.
●
Guru mengidentifikasi dan menganalisa jawaban masing-masing siswa
untuk mengatahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa mengenai aktivitas yang
bisa dilakukan jika badan sehat (misalnya bermain dengan bola besar) serta
cara merawat rangka tubuh manusia.
Catatan:
●
Merupakan media untuk mengukur seberapa banyak materi yang sudah
dipelajari dan dipahami siswa.
●
Pada aktivitas ini lebih ditekankan pada sikap siswa setelah
mempelajari materi.
●
Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini, guru dapat memberikan
REMEDIAL dan PENGAYAAN sesuai dengan tingkat pencapaian masing-masing siswa.
Hasil yang diharapkan
- Siswa memahami organ gerak pada hewan
vertebrata
- Siswa mampu mengembangkan ide pokok menjadi
sebuah paragraf
- Siswa mampu membuat cerita gambar.
E. Kerja Sama Orang Tua
●
Siswa menunjukkan hasil karya gambar yang dibuatnya, lalu orang tua
membuat evaluasi berdasarkan gambar tersebut.
●
Untuk mengoptimalkan kerja sama, siswa dapat berbagai peran dan tugas
dengan orang tuanya.
Hasil yang diharapkan
-
Menjaga hubungan baik dan kedekatan dengan orang tua.
|
140 menit
|
|
||
Penutup
|
1.
Siswa mapu
mengemukan hasil belajar hari ini
2.
Guru
memberikan penguatan dan kesimpulan
3.
Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya
dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4.
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi.
5.
Salam dan
do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15
menit
|
F.
PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru
untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Teknik Penilaian:
1.
Penilaian
Sikap: Percaya diri, peduli, tanggung jawab, disiplin
a)
Disiplin
b)
Tanggung Jawab
c)
Peduli
d)
Percaya Diri
2.
Penilaian
Pengetahuan: tes tertulis
Siswa mengerjakan soal-soal latihan tertulis, remedial, dan pengayaan pada
buku siswa.
Format Penilaian
3.
Penilaian
Keterampilan: uji unjuk kerja
Penilaian Unjuk Kerja
a)
Rubrik Menulis
Berdasarkan Pengamatan Gambar
b)
Mencari ide
pokok bacaan
c)
Menuliskan Ide
Pokok dari Bacaan
d)
Rubrik Membuat
Gambar
e)
Rubrik Membuat
Model Sederhana Organ Gerak
G.
REMEDIAL DAN PENGAYAAN
1.
Remedial
Tuliskan bagian-bagian organ gerak hewan-hewan
berikut:
2.
Pengayaan
Buatlah gambar organ gerak salah
satu hewan berikut dan berilah penjelasan
secukupnya pada gambar.
1.
Kelinci
2.
Katak
3.
Kadal
4.
Ikan
b)
SUMBER DAN
MEDIA
1.
Buku bacaan perubahan wujud
benda, dan gambar tentang perilaku yang tidak selaras dengan lingkungan.
2.
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 5
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
3.
Buku Sekolahnya Manusia, Munif Khotif.
4.
Software
Pengajaran SD/MI untuk kelas 5 semester 1 dari JGC/SCi Media.
5.
Video/slide/gambar
tentang perubahan wujud benda.
6.
Video
pelestarian alam dan melindungi dari kerusakan alam
7.
Kerajian tradisional wayang golek, seni kerajinan, surat kabar dan
majalah
Refl;eksi Guru
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui
Kepala Sekolah,
ORANG
GAGAH
|
ANTAH BERANTAH 2018
Guru Kelas 4
RADJA GAUL
|
|
|
0 Response to " "
Post a Comment