RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan      : SD/MI
Kelas / Semester        :  5 /1
Tema                           :  Organ Gerak Hewan Dan Manusia (Tema 1)
Sub Tema                  :  Organ Gerak Hewan (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke         :  2
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan :   Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.1
Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.

3.1.1 Menentukan ide pokok cerita.
4.1
Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan
secara lisan, tulis, danvisual.
4.1.1  Menuliskan ide pokok yang terdapat dalam cerita.

Muatan : IPA
No
Kompetensi
Indikator
3.1
Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
3.1.1 Menyebutkan organ gerak dan
fungsinya pada hewan.
4.1  
Membuat model sederhana alat gerak manusia dan hewan.
4.1.1 Menggambar organ gerak hewan.


Muatan : SBDP
No
Kompetensi
Indikator
3.1

Memahami gambar cerita.
3.1.1 Menceritakan cerita yang terdapat
pada gambar cerita.
4.1
Membuat gambar cerita
4.1.1 Membuat susunan dan rangkaian
gambar cerita.








C.   TUJUAN
1.    Dengan mengamati gambar cerita, siswa mampu menyusun dan merangkai sebuah cerita secara runtut.
2.    Dengan menceritakan sebuah gambar, siswa mampu mengolah informasi dan menjadi sebuah cerita secara tepat.
3.    Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyebutkan organ gerak hewan beserta fungsinya secara tepat.
4.    Dengan membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi gerak ikan di air secara tanggung jawab.

D.   MATERI
1.    Macam-macam gambar cerita.
2.    Organ gerak dan fungsinya pada hewan.
3.    Orga gerak yang etrdapat pada ikan.

E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN


Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.    Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
2.    Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal.
3.    mengecek kehadiran siswa
4.    Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
5.    Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
6.    Menyampaikan tujuan pembelajaran






15 menit
Inti
A.    Ayo Mengamati
        Siswa mengamati secara seksama gambar cerita yang terdapat pada buku siswa.
        Fokus pengamatan siswa pada gambar dan rangkaian cerita.
        Siswa menyajikan dan mengomunikasikan hasil pengamatannya secara tertulis ke dalam kolom yang tersedia pada buku siswa.
Catatan:
        Berikan umpan balik di sepanjang proses kegiatan, terutama bagi tumbuh dan berkembangnya keterampilan mengamati.
        Kegiatan ini bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif penilaian, dengan melihat ketepatan jawaban siswa.
Hasil yang diharapkan
-          Menyebutkan pengertian gambar cerita.
-          Merangkai sebuah cerita berdasarkan gambar.
-          Kemampuan mengidentifikasi berdasarkan pengamatan terhadap suatu , dalam hal ini berupa gambar.

B.    Ayo Berlatih
        Setelah memahami tentang gambar cerita, siswa mengamati rangkaian untuk kemudian menyusun menjadi sebuah cerita.

        Guru memberikan kebebasan kepada siswa untuk berimajinasi dalam mengartikan gambar.
Catatan:
1.    Eksplorasi: Ajarkan siswa untuk mengeksplorasi gambar secara cermat dalam menggali informasi.
2.    Pengumpulan Data: Ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk mengolah data menjadi sebuah informasi yang berguna melalui konsep pelaporan tertulis.
3.    Komunikasi: Rangsang keingintahuan siswa dengan dialog interaktif.
Hasil yang diharapkan
-          Sikap mampu mengamati gambar detail.
-          Siswa mampu berimajinasi terhadap gambar.
-          Siswa mampu menuangkan imajinasi dari gambar untuk dirangkai menjadi sebuah cerita.
-          Tekun, bertanggung jawab, dan mandiri dalam melaksanakan tugas.

C.   Ayo berkreasi
        Guru mengatakan kalimat penghubung yang menjembatani perpindahan kompetensi dari cerita gambar ke organ gerak hewan.
        Siswa mengamati rangka organ gerak tulang pada hewan vertebrata beserta fungsi-fungsinya.
        Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau memberikan tanggapan.

Hasil yang diharapkan
-       Mengetahui rangka organ gerak hewan vertebrata.
-       Berani dan percaya diri mengemukakan pendapat .
        Guru memastikan bahwa siswa telah memahami organ gerak hewan vertebrata.
        Setelah benar-benar paham, guru meminta siswa membuat model sederhana organ gerak salah satu hewan avertebrata.
        Siswa mencermati langkah-langkah kerja dan contoh yang ada pada buku siswa.
        Kegiatan ini juga bisa menjadi alternatif sebagai tugas rumah.
Hasil yang diharapkan
-       Mengetahui rangka organ gerak hewan vertebrata.
-       Kreatif, tanggung jawab, dan disiplin dalam mengerjakan tugas.
D.   Ayo Membaca
        Guru memberikan sebuah narasi informasi secara menarik dengan konsep interaktif untuk menghubungkan materi tentang organ gerak pada hewan vertebrata dengan isi bacaan yang akan dibaca siswa.
        Siswa diminta untuk membaca teks tentang Gerak Ikan di Air.
Alternatif kegiatan membaca:
1.  Alternatif 1, Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam hati.
2.  Alternatif 2, Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan teks tersebut dan meminta siswa lain menyimak.
3.  Alternatif 3, Bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.
        Selesai membaca, secara mandiri siswa menuliskan ide pokok dari masing-masing paragraf.
Hasil yang diharapkan
-          Mengetahui gerak ikan di air.
-          Menggali informasi dari teks bacaan.
-          Membaca dengan baik.
-          Menemukan ide pokok setiap paragraf dari bacaan.
Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa: Apa saja yang dapat kamu lakukan jika badanmu sehat? Bagaimana cara merawat rangka tubuhmu?
        Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
        Guru mengidentifikasi dan menganalisa jawaban masing-masing siswa untuk mengatahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa mengenai aktivitas yang bisa dilakukan jika badan sehat (misalnya bermain dengan bola besar) serta cara merawat rangka tubuh manusia.
Catatan:
        Merupakan media untuk mengukur seberapa banyak materi yang sudah dipelajari dan dipahami siswa.
        Pada aktivitas ini lebih ditekankan pada sikap siswa setelah mempelajari materi.
        Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini, guru dapat memberikan REMEDIAL dan PENGAYAAN sesuai dengan tingkat pencapaian masing-masing siswa.
Hasil yang diharapkan
-       Siswa memahami organ gerak pada hewan vertebrata
-       Siswa mampu mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf
-       Siswa mampu membuat cerita gambar.
                                                                       
E.    Kerja Sama Orang Tua
        Siswa menunjukkan hasil karya gambar yang dibuatnya, lalu orang tua membuat evaluasi berdasarkan gambar tersebut.
        Untuk mengoptimalkan kerja sama, siswa dapat berbagai peran dan tugas dengan orang tuanya.
Hasil yang diharapkan
-          Menjaga hubungan baik dan kedekatan dengan orang tua.
140 menit

Penutup
1.    Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.    Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.    Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.. 
4.    Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.    Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
15 menit

F.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Teknik Penilaian:
1.            Penilaian Sikap: Percaya diri, peduli, tanggung jawab, disiplin
a)    Disiplin      
              

b)    Tanggung Jawab
              









c)    Peduli
              

d)    Percaya Diri

2.            Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
Siswa mengerjakan soal-soal latihan tertulis, remedial, dan pengayaan pada buku siswa. 
Format Penilaian     

3.            Penilaian Keterampilan: uji unjuk kerja
Penilaian Unjuk Kerja
a)    Rubrik Menulis Berdasarkan Pengamatan Gambar
           

b)    Mencari ide pokok bacaan















c)    Menuliskan Ide Pokok dari Bacaan
              

d)    Rubrik Membuat Gambar
              





















e)    Rubrik Membuat Model Sederhana Organ Gerak
              


G.   REMEDIAL DAN PENGAYAAN
1.    Remedial
Tuliskan bagian-bagian organ gerak hewan-hewan berikut:  

2.    Pengayaan
Buatlah gambar organ gerak salah satu hewan berikut dan berilah penjelasan
secukupnya pada gambar.
1.    Kelinci
2.    Katak
3.  Kadal
4.    Ikan

b)    SUMBER DAN  MEDIA
1.    Buku  bacaan perubahan wujud benda, dan gambar tentang perilaku yang tidak selaras dengan lingkungan.
2.    Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
3.    Buku Sekolahnya Manusia, Munif Khotif.
4.    Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 5 semester 1 dari JGC/SCi Media.
5.    Video/slide/gambar tentang perubahan wujud benda.
6.    Video pelestarian alam dan melindungi dari kerusakan alam
7.    Kerajian tradisional wayang golek, seni kerajinan, surat kabar dan majalah

Refl;eksi Guru










Catatan Guru
1. Masalah                  :……….
2. Ide Baru                  :………..
3. Momen Spesial       :………….


       Mengetahui
       Kepala Sekolah,




ORANG GAGAH

 ANTAH BERANTAH                 2018
            Guru Kelas 4




RADJA GAUL





0 Response to " "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel