RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 5 /1
Tema 1 : Organ Gerak Hewan Dan
Manusia
Sub Tema 1 : Organ Gerak Hewan
Pembelajaran ke : 5
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan
: SBdP
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
|
3.1
|
Memahami gambar cerita.
|
3.1.1
|
Menjelaskn cerita yang terdapat
pada gambar.
|
4.1
|
Membuat gambar cerita.
|
4.1.1
|
Membuat cerita yang berbetuk
gambar.
|
Muatan
: IPA
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
|
3.1
|
Menjelaskan
alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara
memelihara
kesehatan alat gerak manusia.
|
3.1.1
|
Menyebutkan cir-ciri hewan vertebrata dan
avertebrata.
|
4.1
|
Membuat
model sederhana alat gerak manusia dan hewan.
|
4.1.1
|
Membuat bagan tentang cir-ciri hewan
vertebrata dan avertebrata.
|
Muatan
: Bahasa Indonesai
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
|
3.1
|
Menentukan
pokok pikiran
dalam
teks lisan dan tulis.
|
3.1.1
|
Menetukan
ide pokok pada masing-masing paragraf.
|
4.1
|
Menyajikan
hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan
secara
lisan, tulis, dan visual.
|
4.1.1
|
Menuliskan
ide pokok yang terdapat pada paragraf.
|
C.
TUJUAN
1.
Dengan
mengamati gambar , siswa dapat merangkai sebuah cerita dengan percaya diri.
2.
Dengan
mengamati gambar, siswa dapat mengetahui ciri-ciri hewan vertebrata dan
avertebrata.
3.
Dengan
membaca, siswa dapat menentukan ide pokok dari masing-masing paragraf dengan
tanggung jawab.
D.
MATERI
1.
Ciri-ciri
hewan vertebrata dan avertebrata.
2.
Cara
merangkai sebuah cerita.
3.
Bacaacn yang
berjudul” siput bukanlah hewan lemah”.
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan
salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
2. Kelas dilanjutkan dengan do’a
dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah
siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3. Siswa diingatkan untuk selalu
mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya
sita-cita.
4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan
penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5. Pembiasaan membaca/ menulis/
mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran seperti tokoh
dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan
motivasi. Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa
mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
●
Apa yang tergambar pada sampul buku.
●
Apa judul buku
●
Kira-kira ini menceritakan tentang apa
●
Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
|
15 menit
|
Inti
|
Langkah-Langkah Pembelajaran
●
Pada awal pembelajaran, guru meminta siswa untuk mecermati gambar
ilustrasi.
●
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan tanggapan
terhadap gambar yang diamatinya.
●
Setelah semua siswa memberikan tanggapan, guru memberikan penguatan
dan penjelasan gambar dan kaitannya dengan materi yang akan dipelajari.
●
Setelah semua siswa memahami apa yang dimaksud guru, siswa kembali
mengamati gambar untuk kemudian dibandingkan.
A. Ayo Mengamati
●
Siswa memerhatikan gambar kelinci yang merupakan hewan vertebrata dan
hewan siput yang merupakan hewan avertebrata.
●
Selesai mengamati gambar, siswa menuliskan perbandingan karakteristik
kelinci dengan siput.
Alternatif Jawaban:
1.
Karakteristik Kelinci
a. Vertebrata
b. Gerakannya lincah dan cepat
c. Berpindah tempat dengan berlari, berjalan, dan
meloncat
2. Karakteristik siput
a. Avertebrata
b. Gerakannya lambat
c. Berpindah tempat seolah-olah merayap
Hasil yang diharapkan
−
Siswa mengenal karakteristik kelinci yang merupakan vertebrata dan
siput yang merupakan avertebrata.
−
Siswa dapat memiliki keterampilan mengamati dan menganalisa suatu
objek, dalam hal ini gambar.
−
Mandiri dan berpikir kritis.
B. Ayo Mengamati
●
Siswa mengamati rangka organ gerak berbagai hewan avertebrata secara
seksama.
●
Siswa mengidentifikasi organ gerak hewan avertebrata beserta
fungsinya.
●
Kegiatan ini bisa dilakukan dengan alternatif pembelajaran seperti
berikut.
●
Siswa dapat mencari informasi dan data dengan melakukan studi pustaka,
wawancara, maupun observasi.
●
Dilakukan dengan diskusi,
dengan alternatif sebagai berikut.
Alternatif 1:
●
Kegiatan berdiskusi dilakukan secara klasikal dan guru bertindak
sebagai moderator. Jawaban dan pendapat siswa ditulis di papan tulis.
Alternatif 2:
●
Diskusi dilakukan secara berkelompok. Bentuk kelompok-kelompok terdiri
atas 4 siswa per kelompok. Setiap kelompok diminta mendiskusikan jawaban
pertanyaan-pertanyaan tersebut dan 56 Buku Guru SD/MI Kelas V menuliskan
hasilnya. Selanjutnya jawaban dari tiap kelompok didiskusikan bersama
kelompok lain. Guru dapat bertindak sebagai moderator atau menunjuk salah
satu siswa menjadi moderator.
Hasil yang diharapkan
−
Siswa dapat menyebutkan organ gerak hewan avertebrata beserta
fungsinya.
−
Bertanggung jawab terhadap tugas.
C. Ayo Berkreasi
●
Siswa menggambar atau membuat model sederhana organ gerak siput.
●
Agar kegiatan pembelajaran ini dapat berlangsung dengan menarik dan
tidak membosankan, maka dapat dilakukan di luar kelas.
D. Ayo Berdiskusi
●
Siswa menceritakan gambar yang telah dibuatnya dihadapan guru dan
teman-temannya.
Alternatif pembelajaran
−
Alternatif 1: Guru mempersilakan siswa secara mandiri dan sukarela
−
atau yang bersedia untuk bercerita.
−
Alternatif 2: Guru menunjuk beberapa siswa secara acak untuk
menceritakan gambarnya.
−
Alternatif 3: Guru meminta siswa untuk bercerita satu per satu secara
bergiliran.
Hasil yang diharapkan
−
Siswa terampil dalam membuat gambar.
−
Siswa terampil dalam menuangkan ide, gagasan, maupun imajinasinya ke
dalam bentuk gambar.
−
Siswa terampil dalam berkomunikasi secara lisan dengan bercerita.
−
Kemandirian, percaya diri, dan tekun.
E. Ayo Membaca
●
Siswa membaca teks berjudul "Siput Bukanlah Hewan Lemah".
Alternatif kegiatan membaca
−
Alternatif 1: Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta
membaca dalam hati.
−
Alternatif 2: Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan bacaan
tersebut dan meminta siswa lain menyimak.
−
Alternatif 3: Bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung
oleh seluruh siswa.
●
Selesai membaca siswa menentukan dan menuliskan ide pokok
masing-masing paragraf dari bacaan secara mandiri.
●
Guru memberikan keleluasaan kepada siswa untuk mengemukakan
pendapatnya dan membantu siswa yang mengalami kesulitan.
Alternatif Jawaban
1. Ide pokok paragraf 1: Siput, menurut sebagian
orang dianggap sebagai hewan yang lamban dan menjijikkan. 58 Buku Guru SD/MI
Kelas V
2. Ide pokok paragraf 2: Sebenarnya siput
memiliki kelebihan dan keistimewaan.
3. Ide pokok paragraf 3: Siput merupakan hewan
yang berjasa dalam penguraian serpihan daun-daunan.
4. Ide pokok paragraf 4: Siput adalah sang
pengembara yang mandiri.
5. Ide paragraf 5: Siput memiliki pertahanan diri
yang baik dalam beradaptasi dan juga dalam mempertahankan diri dari serangan
predator.
Hasil yang diharapkan
−
Siswa dapat memahami isi bacaan.
−
Kecermatan dan ketelitian dalam menggali informasi dari bacaan.
−
Terampil menentukan ide pokok
bacaan.
F. Ayo Berkreasi
●
Siswa mempelajari beberapa hal mengenai beragam gaya gambar dan
ilustrasi.
●
Siswa membuat gambar ilustrasi yang bisa mewakili isi dan informasi
bacaan berjudul "Siput Bukanlah Hewan Lemah" dengan gaya atau corak
yang telah dipelajari.
G. Ayo Renungkan
●
Siswa diminta untuk mengingat kegiatan pembelajaran hari ini dan
kembali mengaitkan dengan tema yang sedang mereka pelajari. Siswa diminta menggambar organ gerak salah satu
hewan avertebrata.
●
Siswa diminta untuk merefleksikan penguasaan mereka tentang pembelajaran
untuk kemudian di berikan catatan dan
komentar orang tua.
●
Merupakan media untuk mengukur seberapa banyak materi yang sudah
dipelajari dan dipahami siswa.
●
Pada aktivitas ini lebih ditekankan pada sikap siswa setelah
mempelajari materi.
●
Sebagai tindaklanjut dari kegiatan ini, guru dapat memberikan REMEDIAL
dan PENGAYAAN sesuai dengan tingkat pencapaian masing-masing siswa.
Hasil yang diharapkan
−
Siswa dapat bersikap reflektif dan jujur dalam menyimpulkan penguasaan
hasil pembelajaran mereka.Siswa dapat menindaklanjuti penguasaan materi
mereka dengan catatan dan bimbingan orangtua di rumah.
H. Kerja Sama dengan Orang Tua
●
Siswa bersama orang tuanya melakukan kegiatan mengamati hewan-hewan di
sekitar rumah dan mengelompokkan hewan-hewan mana yang termasuk hewan
avertebrata.
Hasil yang diharapkan
-
Memahami benar jenis hewan avertebrata.
-
Adanya kolaborasi dan kerja sama denagn orang tua.
|
140 menit
|
|
||
Penutup
|
1. Siswa mampu mengemukan hasil belajar hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Siswa
diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi
dari siswa lainnya..
4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme,
persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah
satu siswa.
|
15
menit
|
I. PENILAIAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai
bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1.
Teknik
Penilaian:
a.
Penilaian
Sikap: Percaya diri, peduli, tanggung jawab, disiplin
b.
Penilaian
Pengetahuan: Tes Tertulis
c.
Penilaian
Keterampilan: Unjuk Kerja
2.
Bentuk
Instrumen Penilaian
a.
Sikap
1)
Disiplin
2)
Tanggung
jawab
3)
Peduli
4)
Percaya
Diri
b.
Pengetahuan
Siswa mengerjakan soal-soal latihan tertulis, remedial, dan
pengayaan
pada buku siswa.
Format Penilaian
c.
Keterampilan
Penilaian uji unjuk kerja
a.Mencari ide pokok bacaan
b.
Menuliskan
Ide Pokok dari Bacaan
c.
Rubrik
Membuat Gambar
d.
Rubrik
Membuat Model Sederhana Organ Gerak
J. REMEDIAL
DAN PENGAYAAN
a.
Remedial
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1.
Apakah perbedaan organ gerak hewan vertebrata dan avertebrata?
2.
Sebutkan hewan-hewan yang termasuk avertebrata!
3.
Sebutkan organ gerak siput!
4.
Sebutkan organ gerak cacing!
b.
Pengayaan
Lakukan studi pustaka untuk mencari informasi
mengenai hewan. Ambillah salah satu jenis hewan, kemudian lakukan kajian secara
mendalam mengenai hewan yang kamu pilih tersebut berkaitan dengan:
1.
Karakteristiknya
2. Organ geraknya
Setelah membuat kajian, buatlah sebuah artikel
dan tampilkan di majalah sekolah atau majalah dinding di sekolah.
K. SUMBER
DAN MEDIA
1.
Buku bacaan hewan
vertebrata dan avertebrata.
2.
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 5
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
3.
Buku Sekolahnya Manusia, Munif Khotif.
4.
Software
Pengajaran SD/MI untuk kelas 5 semester 1 dari JGC/SCi Media.
5.
Gambar/slide tentang hewan vertebrata dan avertebrata.
Refleksi Guru
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui
Kepala Sekolah,
………………………………
NIP. …………………………
|
…………………, ...............
Guru Kelas 5 ,
………………………………
NIP………………………….
|
0 Response to " "
Post a Comment